Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Politik: Smart Berpolitik Berbasis Kitab Suci

Pendidikan Politik: Smart Berpolitik Berbasis Kitab Suci - Pendidikan politik adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang sistem politik, nilai-nilai demokrasi, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta isu-isu politik yang penting. Pendidikan politik meliputi berbagai aspek, termasuk sejarah politik, struktur pemerintahan, proses pemilihan, hak asasi manusia, kebijakan publik, partisipasi politik, dan lain sebagainya.

Pendidikan


Pendidikan politik dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti melalui kurikulum pendidikan formal di sekolah dan perguruan tinggi, pelatihan dan seminar, kampanye sosial, dan media massa. Pendidikan politik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam proses politik, sehingga masyarakat dapat memahami isu-isu politik penting dan membuat keputusan yang berdasarkan fakta dan bukti. Tapi bagaimana fakta dan bukti para politisi kita? Jawablah dengan hati nurani Kita masing-masing.

Kesadaran tentang pendidikan politik harus di landasi dengan ayat-ayat Al-Qur'an sebab nilai-nilai dalam politik sangat erat kaitannya dengan Islam.

Sebagaimana terjemahan Ayat-ayat berikut:

"Dan bantulahlah sesama kamu dalam berbuat kebajikan dan takwa, dan janganlah kamu bantu sesama dalam perbuatan dosa dan permusuhan." (QS. Al-Maidah: 2)

“Sesungguhnya Allah memerintahkan kamu untuk menyerahkan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu memutuskan masalah di antara manusia, hendaklah kamu memutuskannya dengan adil.” (QS. An-Nisa: 58)

Dalam ayat-ayat tersebut, Allah SWT menegaskan pentingnya perbuatan baik, berdialog dengan cara yang baik, membantu sesama dalam kebaikan, memutuskan perkara dengan adil, Hal-hal tersebut merupakan prinsip-prinsip dasar politik yang harus dipegang teguh oleh setiap pemimpin dan masyarakat.

Oleh itu marilah kuatkan edukasi politik Kita di suasana politik menuju 2024 agar dapat tercerahkan untuk bersama terdidik dalam hal apapun khusunya politik. Smartlah berpolitik dan marilah berpolitik yang smart.

Smart-Sukses-Berkah.

Posting Komentar untuk "Pendidikan Politik: Smart Berpolitik Berbasis Kitab Suci"